AKSON (Aksi Sosial Nightingale) merupakan salah satu program kerja dari Himpunan Mahasiswa Ilmu Keperawatan Fakultas Kedokteran Universitas Udayana bidang Bakti Sosial. Kegiatan ini diadakan sebagai rangkaian dari International Nursing Day (IND). AKSON berlangsung setiap tahun dengan sasaran kegiatan yang berbeda. AKSON ke 13 tahun ini mengambil tema “The Application of Balance Nutrition Through Clean and Healthy Living Behavior” yang artinya penerapan gizi seimbang melalui perilaku hidup bersih dan sehat. Kami mengambil tema tersebut dengan melihat angka kejadian kasus gizi yang kurang baik pada anak-anak usia sekarang hingga adanya kasus Body Shaming serta kurangnya pengetahuan anak-anak mengenai perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS). Kegiatan pada tahun ini memiliki sasaran anak-anak sekolah dasar dengan target peserta adalah lebih dari 75 anak. Kegiatan ini berlangsung di SD Negeri 2 Pengiangan (Dsn. Selat Nyuhan, Kel. Pengiangan, Kec. Susut, Kab. Bangli) dengan jumlah peserta adalah 133 anak dari kelas 1-6.  Dana yang digunakan dalam kegiatan ini bersumber dari dana kas Himpunan Mahasiswa, Sponsorship, serta penggalian dana yang dilakukan oleh Mahasiswa Program Studi Sarjana Keperawatan dan Profesi Ners dari angkatan 2017 dan 2018.

Jenis kegiatan yang kami lakukan pada AKSON ke-13 ini adalah penyuluhan mengenai gizi seimbang dan PHBS pada anak-anak kelas 1-6 yang terbagi menjadi 3 ruangan, pemeriksaan kesehatan untuk guru dan pegawai di SD Negeri 2 Pengiangan (cek gula darah dan asam urat), pemberian kenang-kenangan kepada sekolah (timbangan, kotak P3K, alat ukur tinggi badan), serta inovasi baru yang kami buat pada tahun ini adalah pemilihan perawat cilik AKSON 2019. Inovasi baru tersebut kami buat dengan harapan tumbuhnya kader kesehatan yang mampu melakukan hal-hal sederhana berhubungan dengan kesehatan diri sendiri maupun orang lain dimulai dari lingkup kecil yaitu sekolah dasar, sehingga nantinya bisa menjadi contoh kepada kawan-kawan sebayanya.

AKSON merupakan kegiatan yang rutin dilaksanakan setiap tahunnya dengan tujuan meningkatkan derajat kesehatan masyarakat. Harapan kami utamanya kepada anak-anak adalah mereka mendapatkan pelayanan kesehatan yang baik dan layak, serta meningkatnya pengetahuan dan kualitas kesehatan anak-anak mengenai gizi seimbang melalui perilaku hidup bersih dan sehat. AKSON juga diharapkan mampu memberikan manfaat kepada mahasiswa sebagai ajang mengasah softskill dan keterampilan sebagai seorang perawat sebelum nantinya terjun langsung ke dunia kerja menjadi seorang perawat professional.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *