Kepala Bidang  : Ni Komang Ayu Adnya Dewi

Bidang Pengembangan Sumber Daya Mahasiswa (PSDM) dan Keilmuan merupakan bidang pertama pada HM IK FK UNUD. Bidang 1 berada di bawah pantauan dari wakil ketua I HM IK FK UNUD yang merupakan wadah untuk mengembangkan sumber daya mahasiswa baik dalam bidang keorganisasian maupun dalam bidang akademik.

Pada kepengurusan ini bidang PSDM dan Keilmuan memiliki beberapa program kerja dan fungsi, meliputi:

  • Scientific Competition of Nursing Udayana (SOUND) 2018

Kegiatan ini merupakan ajang bagi para mahasiswa untuk mengasah bakat mereka dalam bidang akademik dan keilmiahan. Kegiatan SOUND 2018 terdiri lomba karya tulis ilmiah, esai ilmiah popular, poster public dan debat bahasa inggris di tingkat nasional. Pada pelaksanaannya, kegiatan SOUND ini diakhiri dengan Seminar Nasional Keperawatan 2018

PIC : Ni Komang Ayu Adnya Dewi, Ni Komang Apriani

  • Upgrading

Kegiatan ini merupakan proker yang pelaksaannya berlangsung diawal kepengurusan dimana tujuan dari kegiatan ini adalah meningkatkan motivasi dan loyalitas pengurus baru HM IK, sehingga diharapkan tidak ada kesenjangan antar pengurus dalam melaksanakan sebuah program kerja yang di embannya.

PIC : Pande Made Dwi Ayu Purnama

  • Arsip Studi

Kegiatan ini berbentuk pengumpulan data-data perkuliahan mahasiswa baik dari data mahasiswa semester 1 hingga mahasiswa semester 7 dalam bentuk softcopy maupun hardcopy yang nantinya akan dijadikan sebuah arsip yang dapat dimanfaatkan oleh mahasiswa PSSKPN. Data-data yang dijadikan arsip yakni berupa materi lecture perkuliahan, makalah hasil SGD dan SOP.

PIC : Putu Mega Krisnayanti

  • Magang

Kegiatan ini merupakan salah satu kegiatan regenerasi yang bertujuan memberikan gambaran umum tentang HM IK FK UNUD yang sekaligus menjadi media untuk menemukan penerus pengurus HM IK selanjutnya, selain itu kegiatan ini dapat memberikan pengalaman dan pendidikan mengenai organisasi HM IK. Pelaksanaan kegiatan ini dilandasi dengan tujuan anggota HM IK yang terpilih nantinya dapat mengenal dan mengetahui pentingnya organisasi HM IK dalam memajukan PSSKPN khususnya sehingga dapat menciptakan inovasi-inovasi baru yang dapat menunjang pengembangan-pengembangan ke arah selanjutnya.

PIC : Ni Made Sridarmayanti

  • Mentoring

Mentoring merupakan kegiatan sharing mengenai kuliah keperawatan khususnya di PSSKPN FK Unud. Kegiatan ini ditujukan bagi dua angkatan termuda di PSSKPN FK Unud. Tujuan dari kegiatan ini yaitu mengenalkan dunia keperawatan bagi mahasiswa baru, berbagi pengalaman kuliah dan berorganisasi di PSSKPN maupun FK Unud, serta mengubah pola pikir mahasiswa baru mengenai kuliah keperawatan. Kegiatan ini memberikan materi yang berbeda tiap tahunnya dengan pembicara yang sudah berpengalaman.

PIC : Putu Veren Devayanti

  • USN (Udayana Scientific Nursing)

USN merupakan salah satu fungsi HM IK yang akan mewadahi mahasiswa PSSKPN dalam bidang keilmiahan, memfasilitasi mengenai informasi-informasi tentang suatu perlombaan serta memberikan materi dalam bidang keilmiahan. USN telah berdiri selama dua tahun dengan tujuan untuk meningkatkan prestasi PSSKPN dalam bidang keilmuan melalui ajang kompetisi keilmiahan. Sasaran dari fungsi ini adalah seluruh mahasiswa aktif PSSKPN.

PIC : Ketut Nanda Diaspora

  • Choirs dan Tari

Choirs dan Tari merupakan salah satu fungsi HM IK untuk mengembangkan minat dan bakat dalam bidang tari maupun choirs. Adanya fungsi ini membantu mahasiswa dalam mengasah dan menyeimbangkan antara soft skill dan hard skill mahasiswa selama menempuh pendidikan di PSSKPN FK Unud pada tahun kepengurusan 2018/2019 tidak hanya tari dan choirs saja tetapi ditambah dengan informasi perlombaan talent seperti ajang perlombaan duta wisata daerah, pageant, duta endek, duta bahasa, model, dan PCMI, dll. Semoga dengan ditambahnya informasi talent akan menambah ketertarikan mahasiswa PSSKPN untuk tidak hanya berkecimpung di bidang akademik karena non akademik juga sangat penting dalam menyeimbangkan soft skill dan hard skill mahasiswa PSSKPN kedepannya.

PIC  : Putu Gede Putra Suastrawan

  • Mawapres

Kegiatan ini sangat diperlukan mengingat banyak mahasiswa berprestasi yang akan berpeluang besar atas segala usaha dan kemampuannya. Kegiatan ini dimulai dengan pendaftaran calom mahasiswa berprestasi yang dilakukan dan disleksi di setiap program studi. Setelah dilakukan sleksi di tingkat prodi akan terpilih mahasiswa yang akan melanjutkan ke ranah fakultas dengan perantara BEM FK UNUD. Mahasiswa yang lolos tahap seleksi akan dilanjutkan ke tahap Universitas sebagaimana mestinya

PIC : Putu Mega Krisnayanti