[?????? ???? ?????]

Aksi Sosial Nightingale (Akson) merupakan salah satu program kerja yang dimiliki Bidang Bakti Sosial (Baksos) yang ada pada Himpunan Mahasiswa Ilmu Keperawatan (HMIK) Fakultas Kedokteran Universitas Udayana. Akson adalah kegiatan pengabdian masyarakat yang dilaksanakan setiap tahun oleh mahasiswa Program Studi Sarjana Ilmu Keperawatan, Fakultas Kedokteran Universitas   Udayana.

Pada tahun ini, kegiatan Akson bertempat di SMPN 4 Kediri yang tepatnya berlokasi di desa Kaba-Kaba, kabupaten Tabanan. Akson XVII tahun 2023 telah dilaksanakan selama satu hari pada Sabtu, 29 April 2023. Kegiatan ini terdiri dari penyuluhan terhadap 57 siswa kelas VII SMPN 4 Kediri yang bertemakan “The Effect of Cyber Bullying on Student’s Holistic Health”. Penyuluhan ini diberikan oleh salah satu dosen PSSKPPN, Dr. Ns. Ni Made Dian Susilowati,S.Kep.,M.Kep.,Sp.Kep.J megenai cyber bullying dan pengaruhnya pada kesehatan mental. Hal yang mendasari untuk mengangkat tema ini ialah tingginya kasus perundungan yang tengah terjadi di media sosial saat ini, dimana hal itu dapat berdampak negatif pada kondisi psikis siswa.

Internet memang bukan hal yang dapat dihindari namun dampak negatifnya dapat dicegah dengan memberi edukasi terhadap para siswa agar mereka tidak terpengaruh sehingga kondisi mentalnya tetap stabil. Sebelum kegiatan penyuluhan, para siswa diajak untuk menuliskan permasalahan yang dialaminya pada secarik kertas yang nantinya akan diberikan solusi oleh pembicara, tujuannya agar mereka dapat meluapkan emosi dan membuang hal negatif yang selama ini mungkin hanya tersimpan dalam benak mereka saja. Setelah penyuluhan, siswa akan dibentuk menjadi beberapa kelompok lomba. Masing-masing kelompok akan membuat mading berdasarkan materi pada penyuluhan yang telah diberikan, hal ini dilakukan untuk meningkatkan antusiasme peserta dan agar panitia dapat mengetahui apakah siswa dapat memahami materi yang disampaikan dengan baik. Kelompok siswa dengan mading yang paling kreatif akan diberi penghargaan dan hadiah sebagai bentuk apresasi dari panitia.

Selain penyuluhan pada siswa, Akson pada tahun ini juga mengadakan pengecekan tekanan darah dan pengecekan gula darah sewaktu (GDS) untuk para guru dan staf SMPN 4 Kediri. Kegiatan selanjutnya diikuti dengan pemberian kenang-kenangan untuk sekolah berupa alat-alat kebersihan, lalu dilakukan dokumentasi. Kegiatan ini dilaksanakan oleh mahasiswa Program Studi Sarjana Ilmu Keperawatan Fakultas Kedokteran Universtas Udayana. Tujuan yang diharapkan yakni para siswa mampu meningkatkan pertahanan dirinya terhadap cyber bullying sehingga mereka memiliki kondisi mental yang bagus untuk dapat mengembangkan potensi diri dan dapat mencapai prestasi yang gemilang baik di sekolah maupun dikehidupan nantinya.

Kegiatan ini terdiri dari penyuluhan terhadap siswa kelas tujuh megenai cyber bullying dan pengaruhnya pada kesehatan mental. Hal yang mendasari untuk mengangkat tema ini ialah tingginya kasus perundungan yang tengah terjadi di media sosial saat ini, dimana hal itu dapat berdampak negatif pada kondisi psikis siswa. Internet memang bukan hal yang dapat dihindari namun dampak negatifnya dapat dicegah dengan memberi edukasi terhadap para siswa agar mereka tidak terpengaruh sehingga kondisi mentalnya tetap stabil. Sebelum kegiatan penyuluhan, para siswa akan menulis permasalahan yang dialaminya pada secarik kertas yang nantinya akan dibuang diakhir acara, tujuannya agar mereka dapat meluapkan emosi dan membuang hal negatif yang selama ini mungkin hanya tersimpan dalam benak mereka saja. Setelah penyuluhan, siswa akan dibentuk menjadi beberapa kelompok lomba. Masing-masing kelompok akan membuat mading berdasarkan materi pada penyuluhan yang telah diberikan, hal ini dilakukan untuk meningkatkan antusiasme peserta dan agar panitia dapat mengetahui apakah siswa dapat memahami materi yang disampaikan dengan baik. Kelompok siswa dengan mading yang paling kreatif akan diberi penghargaan dan hadiah sebagai bentuk apresasi dari panitia. Selain penyuluhan pada siswa, panitia Sie Kesehatan akan mengukur tekanan darah dan mengecek gula darah para guru, agar mereka juga mendapat manfaat dari kegiatan yang dilakukan. Kegiatan selanjutnya diikuti dengan pemberian kenang-kenangan untuk sekolah berupa alat-alat kebersihan dan tempat sampah, lalu dilakukan dokumentasi. Kegiatan ini dilaksanakan oleh mahasiswa Program Studi Sarjana Ilmu Keperawatan Fakultas Kedokteran Universtas Udayana. Tujuan yang diharapkan yakni para siswa mampu meningkatkan pertahanan dirinya terhadap cyber bullying sehingga mereka memiliki kondisi mental yang bagus untuk dapat mengembangkan potensi diri dan dapat mencapai prestasi yang gemilang baik di sekolah maupun dikehidupan nantinya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *