Open House 2017

0

Banyaknya pilihan perguruan tinggi negeri tersebut kadangkala membuat para siswa-siswi SMA bingung untuk menetapkan tempat yang tepat untuk melanjutkan studinya. Tidak sedikit siswa-siswi SMA takut salah memilih perguruan tinggi karena isu-isu yang tersebar di masyarakat dan kurangnya informasi mengenai perguruan tinggi yang diinginkan. Oleh karena itu, untuk memberikan gambaran umum dan mengklarifikasi isu-isu di masyarakat, Fakultas Kedokteran mengadakan Open Hourse 2017. Sebagai salah satu perguruan tinggi negeri yang paling banyak peminatnya tidak hanya di Bali bahkan di Indonesia, Universitas Udayana khusunya Fakuktas Kedokteran setiap tahunnya mengadakan kegiatan Open House yang ditujukan kepada siswa-siswi kelas 3 SMA Se-Bali yang ingin melanjutkaan ke Fakultas Kedokteran Universitas Udayana. Open House merupakan acara yang dilakukan Fakultas Kedokteran untuk memberikan sedikit gambaran kepada siswa-siswi SMA sederajat mengenai segala sesuatu yang ada di Fakultas Kedokteran Universitas Udayana.
Kegiatan Open House diadakan serangkaian dengan Badan Kekeluargaan Fakultas Kedokteran (BKFK) 55 dan Kegiatan ini terdiri dari 3 rangkaian, yaitu :
a) Pembukaan acara open house di ruang kuliah Fakultas Kedokteran Universitas Udayana
b) Tour merupakan kegiatan berkeliling kampus yang dibimbing tour guide untuk memperkenalkan area dan kampus Fakultas Kedokteran.
c) Kegiatan elektif merupakan kegiatan yang bisa diikuti secara bebas dan acak oleh peserta, misalnya mengunjungi stand, photobooth, dsb.
Untuk memudahkan peserta mendapatkan informasi mengenai Fakultas Kedokteran Universitas Udayana, pihak dekanat dan mahasiswa-mahasiswa di lingkungan Fakultas Kedokteran membuka stand-stand outdoor di area Fakultas Kedokteran. Stand-stand ini dibagi menjadi 3 kelompok stand, yaitu stand LMFK (Lembaga Mahasiswa Fakultas Kedokteran) meliputi BEM, BPM, BP, dan LPM PCYCO; stand HM (Himpunan Mahasiswa) meliputi HMKU, HMIK, HMKM, HMFisio, HMPsiko, dan HMKG; dan stand BSO (Badan Semi Otonom) meliputi TBM Janar Duta, KIH, KMPA, KOMPAK, dan KMPL. Kegiatan ini diadakan pada Jumat, 3 Maret 2017 dimana siswa-siswi SMA Se-Bali mengunjungi stand-stand yang telah disiapkan oleh panitia. Kunjungan ke stand-stand LMFK, HM, dan BSO di lingkungan Fakultas Kedokteran dimulai pukul 10.00 WITA. Siswa-siswi kelas 3 SMA sangant antusias dalam menggali informasi mengenai FK. Terbukti dengan ramainya kunjungan mereka ke semua stand khususnya ke stand HMIK. Kebanyakan dari mereka menanyakan bagaimana rasanya kuliah di FK Unud, sulitkah masuk FK Unud, dan apa saja kegiatan-kegiatan mahasiswa di FK Unud.
Selain memperkenalkan FK secara umum, stand HMIK juga memperkenalkan PSIK menggunakan media berupa mading. HMIK juga mengakan pengecekan tekanan darah dan pengecekan gula darah gratis bagi siswa-siswi SMA yang berminat. Setelah berkunjung ke stand HMIK, kami meminta mereka untuk menuliskan harapan mereka, pesan dan kesan mereka mengetahui FK Unud.
Kegiatan Open House berakhir pukul 14.00 WITA. Diakhiri dengan bersih-bersih stand, meletakkan kembali barang-barang yang ada di stand ke tempat asalnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>